Amankan Perjalanan KA Perintis Batara Kresna, KAI Daop 6 Yogyakarta Kampanyekan Keselamatan di Rel Bengkong

- Rabu, 30 November 2022 | 21:41 WIB
Sosialisasi keselamatan perjalan KA Batara Kresna yang digelar PT KAI Daop 6 Yogyakarta di rel bengkong Jalan Slamet Riyadi. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Sosialisasi keselamatan perjalan KA Batara Kresna yang digelar PT KAI Daop 6 Yogyakarta di rel bengkong Jalan Slamet Riyadi. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

LAWEYAN,AYOSOLO.ID– Menjadi satu-satunya kereta api (KA) yang melintas berdampingan dengan jalan raya, tak hanya membuat KA Perintis Batara Kresna unik, namun juga penuh tantangan. Apalagi di Jalan Slamet Riyadi terdapat banyak simpang jalan ditambah lalu lintasnya cukup padat. 

Karena itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta pun tak berhenti mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai keberadaan KA Perintis Batara Kresna termasuk menjaga keselamatan perjalanan di Jalur Purwosari-Wonogiri. Seperti sosialisasi keselamatan yang digelar di rel bengkong, Jalan Slamet Riyadi, Rabu 30 November 2022. 

Sosialisasi sendiri dilakukan dengan membentangkan spanduk berisi imbauan mengenai cara menjaga keselamatan di Jalur Purwosari-Wonogiri saat KA Batara Kresna melintas di rel bengkong, dimana pengguna jalan yang melintas di Jalan Slamet Riyadi otomatis harus berhenti sembari menunggu kereta melintas. 

Baca Juga: Tegas! LAPAAN RI Jateng Minta Semua Penambangan Galian C Ilegal di Klaten Disetop

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan jjalur KA pada relasi Purwosari-Wonogiri saat ini berjalan KA Batara Kresna yang menjadi andalan masyarakat sekitar. KA Batara Kresna berjalan empat kali dalam satu hari, dua dari arah Stasiun Purwosari dan dua dari arah Stasiun Wonogiri.

“KAI berharap keunikan di jalur tersebut tidak menjadikan kita lengah untuk menjaga keselamatan bersama terutama bagi perjalanan KA yang mana itu membawa banyak manusia di dalamnya. Kesadaran akan keselamatan pada jalur tersebut sangat penting,” ungkapnya.

Adapun tips yang dibagikan kepada masyarakat  untuk menjaga keselamatan jalur KA Purwosari-Wonogiri diantaranya, mendahulukan perjalanan KA sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 disebutkan bahwa Pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Baca Juga: Tinggal Pilih! 6 Link Live Streaming Nonton Tunisia vs Prancis di Piala Dunia, Rabu 30 November Kick off 22.00

“Isi dari UU tersebut menunjukkan kepada kita bahwa keselamatan perjalanan KA harus menjadi prioritas utama. Perjalanan KA mendapatkan prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya,” terangnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM Hadir di Lampung

Senin, 30 Januari 2023 | 20:51 WIB

Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Senin, 30 Januari 2023 | 19:59 WIB
X