Merupakan Bahasa yang Universal, Dasar Gerakan Indonesia Serasi Berkampanye Lewat Musik

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:02 WIB
Video Klip Lagu Indonesia Serasi (tangkapan layar youtube Indonesia Serasi)
Video Klip Lagu Indonesia Serasi (tangkapan layar youtube Indonesia Serasi)

SOLO,AYOSOLO.ID– Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengkampanyekan sesuatu. Baik lewat cara yang verbal maupun non verbal. Lewat kata-kata, gambar maupun lewat musik dengan tujuan terjalin komunikasi. 

Ya, musik. Meski musik merupakan bentuk komunikasi satu arah, namun musik memiliki pengaruh yang mungkin lebih kuat dibandingkan kata-kata atau gambar. Karena musik banyak dikatakan sebagai bahasa yang universal. Sebab, musik dapat diterima dan disukai semua kalangan tanpa mengenal batas bahasa atau pemikiran dan pemahaman.

Musik, juga merupakan salah satu media menyalurkan ekspresi dan terbukti mampu menyatukan banyak kalangan masyarakat tanpa mengenal suku, ras, agama dan golongan. Fakta inilah yang nyatanya membuat salah satu tokoh di Tanah Air, Haddad Alwi memilih musik sebagai media untuk menyebarkan gerakan yang diinisiasinya, yakni Indonesia Serasi

Baca Juga: Kebagian Undangan Closing Ceremony APG XI 2022? Cek Kantong Parkir Gratis yang Disediakan Pemkot

“Ini (musik-red) bahasa universal. Bisa digunakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia," tegas Hadad Alwi. 

Apalagi dengan ditambah media sosial (medsos) yang memiliki beragam platform saat ini, sebut saja Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya, yang mana mayoritas penggunanya anak muda membuat musik yang menjadi media penyebaran gerakan Indonesia Serasi menjadi lebih tepat sasaran. 

Lantaran tujuan gerakan ini salah satunya adalah untuk menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya, serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z.

Baca Juga: APG XI 2022: Tambah Lima Emas di Hari Terakhir, Indonesia Pertahankan Gelar Juara Umum Paracatur

Karena itu, tak heran jika sejumlah lagu yang mengambil tema persatuan dirilis dan diviralkan satu demi satu selama kurun waktu satu tahun sebagai bentuk konkrit gerakan Indonesia Serasi.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X