Pendaftaran CPNS Tahun 2022 Segera Dibuka, Cek Syarat dan Cara Pendaftarannya

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:14 WIB
Ilustrasi CPNS (dok)
Ilustrasi CPNS (dok)

AYOSOLO.ID– Pemerintah kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022. Tentunya hal ini menjadi moment yang sudah ditunggu-tunggu para pencari kerja. 

Dalam artikel berikut akan memuat syarat dan juga cara pendaftaran bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS maupun PPPK tahun ini. Sebagaimana yang tercantum dalam laman sscasn.bkn.go.id. 

Di laman yang sama, juga bisa diakses untuk melakukan pendaftaran serta memantau informasi terkait dengan Seleksi CPNS 2022. Sementara itu, untuk jenis pendaftar CPNS akan dibagi menjadi dua jenis yaitu jalur umum, dan jalur khusus seperti lulusan terbaik, disabilitas dan putra-putri khusus asli papua.

Baca Juga: Babak Baru Tanah Sriwedari: MA Kabulkan Kasasi Pembatalan Eksekusi yang Diajukan Gibran

Adapun syarat-syarat CPNS 2022 sebagaimana berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 September 2017 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2017.
  3. Sehat jasmani, rohani serta tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Baca Juga: Jadwal Sholat Lima Waktu Wonogiri Hari Jumat 7 Oktober 2022

  1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Baca Juga: KUALIFIKASI PIALA ASIA U-17: Bima Sakti Ungkap Keberhasilan Timnas U-17 Kalahkan Uni Emirat Arab 3-2

Sedangkan untuk cara pendaftaran CPNS Tahun 2022 sangat mudah, terutama jika sudah menyiapkan dokumen yang disyaratkan. Berikut cara daftar CPNS dan PPPK Tahun 2022:

  1. Kunjungi laman sscasn.bkn.go.id melalui device apapun.
  2. Klik tombol Registrasi
  3. Lengkapi kolom NIK, nomor KK, nama lengkap tanpa gelar, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, email, nomor hp, password, pilih pertanyaan pengaman, dan isi jawaban pengaman sesuai
  4. Klik unggah scan KTP dan foto selfie
  5. Isi kode CAPTCHA sebagai keamanan
  6. Klik opsi submit
  7. Kemudian masuk ke website sscasn.bkn.go.id/daftar/login
  8. Segera isi lengkap data pribadi yang masih kosong
  9. Klik jenis seleksi, instansi, jenis formasi, pendidikan, dan jabatan
  10. Pilih upload dokumen dan cek resume
  11. Pilih opsi cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun

Itu tadi syarat dan cara pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2022. Semoga bermanfaat.*** (Magang-Salsabilla Natasya RPS)

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X