Yoyok Sukawi Tolak Biaya Kenaikan Haji bagi Masyarakat

- Rabu, 25 Januari 2023 | 19:26 WIB
335 jemaah calhaj kloter 1 dari Kabupaten Pati tiba di Asrama Haji Donohudan, Jumat 4 Juni 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
335 jemaah calhaj kloter 1 dari Kabupaten Pati tiba di Asrama Haji Donohudan, Jumat 4 Juni 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JAKARTA, AYOSOLO.ID - Anggota DPR RI, AS Sukawijaya menolak keras rencana Kementerian Agama yang akan menaikkan biaya haji bagi masyarakat Indonesia.

Menurut legislator yang kerap disapa Yoyok Sukawi ini, di tengah proses pemulihan ekonomi, biaya haji diharapkan tidak memberatkan masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Di Arab Saudi itu biaya haji turun lo, kok di sini malah mau naik. Janganlah, ini juga masih proses pemulihan ekonomi pasca pandemi," tegas Yoyok Sukawi saat dihubungi di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Siswi di Sukoharjo: Terungkap, Pelaku Residivis Atas Kasus Curanmor di Yogyakarta

Kenaikan biaya haji itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Meski begitu, dia memastikan itu masih berupa usulan yang disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan paparan dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR, Kamis pekan lalu.

Yoyok Sukawi juga mengatakan bahwa waktu tunggu untuk menunaikan ibadah haji di Indonesia sudah cukup panjang, jadi ia berharap kenaikan biaya haji tidak terlaksana.

"Di Indonesia waktu untuk Haji setelah mendaftar cukup lama lo. Jangan sampai ini malah membebankan masyarakat. Karena banyak masyarakat Indonesia yang nabungnya cukup panjang hanya untuk bisa mendaftar haji, la kok sekarang malah ada usulan naik. Mohon dipertimbangkan lagi," pungkas legislator Partai Demokrat ini. ***

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tangkal Hoaks, Watchdoc Gelar Pelatihan Video

Rabu, 1 Februari 2023 | 11:56 WIB

Yoyok Sukawi Minta Pemerintah Sigap Hadapi Libur Nataru

Minggu, 25 Desember 2022 | 18:42 WIB
X