Antisipasi Penumpukan Armada dan Penumpang Selama Musim Mudik, Ini yang Dilakukan Terminal Tirtonadi

- Jumat, 31 Maret 2023 | 20:42 WIB
Salah satu lokasi drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis di TTA Tirtonadi.  (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Salah satu lokasi drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis di TTA Tirtonadi. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

BANJARSARI,AYOSOLO.ID– Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan armada bus maupun penumpang selama musim mudik 2023 mendatang. 

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono mengatakan, antisipasi perlu dilakukan mengingat Solo Raya merupakan wilayah tujuan mudik dan Terminal Tirtonadi menjadi salah satu titik pemberhentian. Terutama bagi penyelenggara program mudik gratis.

“Kami terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak penyelenggara Mudik Gratis. Baik dengan pemerintah Provinsi, Kementerian Perhubungan serta perusahaan swasta yang  biasanya juga membuat program Mudik Gratis sebagai CSR dari perusahaan," ujarnya.

Baca Juga: Perobohan Bangunan Selesai Dilakukan, Pembangunan Rusunawa Semanggi Dimulai Awal Tahun

Sementara ini, Bandiyono mengatakan sudah ada beberapa Pemerintah Provinsi yang sudah mengkonfirmasi menggunakan Terminal Tipe A Tirtonadi sebagai lokasi dropping pemudik. Yakni Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Banten.

"Yang sudah pasti adalah Provinsi DKI Jakarta, yakni akan menggunakan 35 bus dan dua truk pengangkut sepeda motor untuk arus mudik. Sedangkan arus balik akan menggunakan 30 bus dan dua truk. Untuk provinsi yang lain masih dalam tahap koordinasi," terang dia.

Adapun persiapan yang dilakukan sebagai langkah antisipasi, salah satunya mempersiapkan tempat drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis yang rencananya berada di sisi sebelah barat dan timur pintu masuk Terminal Tirtonadi.

Baca Juga: Hujan Disertai Angin Kencang, Tenda untuk Buka Puasa di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

"Kita masih ada space yang bisa digunakan untuk drop off dan parkir Mudik Gratis. Ini akan kita maksimalkan, sehingga tidak berdampak pada bus reguler yang biasa keluar dan masuk terminal,” urainya.

Selain kesiapan lokasi, Bandiyono juga mengaku sudah memasang lampu penerangan jalan tambahan, di beberapa titik di Terminal. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi pemudik.

"Ini langkah preventif kita, agar pemudik ini merasa aman, nyaman, selama berada di Terminal Tirtonadi,” paparnya. 

Baca Juga: Erick Thohir Sinyalkan Indonesia Bakal Kena Sanksi FIFA, Berharap Bukan yang Terberat

Sementara itu, Kaur Lalu lintas Terminal Tirtonadi, Sunardi mengatakan pihaknya siap menyambut para pemudik dari berbagai daerah di Indonesia salah satunya dengan menambah personel selama musim mudik 2023.

"Kita sudah siapkan skema, dan kita akan lakukan penambahan personel, sehingga bisa melakukan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik," katanya.***

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal KRL Solo-Jogja untuk Selasa 30 Mei 2023

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:25 WIB
X