Pantau Hewan Kurban, Dispertan KPP Terjunkan 60 Orang Personel

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:20 WIB
Petugas Dispertan KPP Kota Solo memeriksa hewan ternak di salah satu tempat penjualan hewan kurban di Mojosongo, Jebres, Senin 4 Juli 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Petugas Dispertan KPP Kota Solo memeriksa hewan ternak di salah satu tempat penjualan hewan kurban di Mojosongo, Jebres, Senin 4 Juli 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan (Dispertan KPP) Kota Solo menerjunkan 60 personel untuk memantau kondisi hewan kurban, baik yang diperjualbelikan maupun yang akan dipotong menjelang Hari Raya Idul Adha. 

Sekretaris Dispertan KPP Kota Solo, Evy Nurwulandari mengatakan, personel tersebut diterjunkan di lima kecamatan untuk memeriksa hewan-hewan kurban di tempat penjualan, penampungan maupun di masjid ataupun lokasi penyembelihan.

“Pemeriksaan kita lakukan hingga waktu penyembelihan. Jadi tidak hanya hewan kurban yang masih hidup, tapi juga daging dan produk dari hewan tersebut kita periksa,” ujarnya usai pemeriksaan hewan kurban di Mojosongo, Senin 4 Juli 2022. 

Baca Juga: Wacana Daerah Istimewa Surakarta Kembali Mencuat, Begini Keinginan Pegiat Sejarah Kota Solo

Ia menambahkan, petugas dibekali pengetahuan tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), termasuk syarat-syarat hewan ternak yang diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban sesuai dengan fatwa MUI.  

“Apabila hewan terkena PMK masih dengan gejala yang ringan di mana hewan tersebut masih mau makan minum maupun bisa jalan itu masih bisa dan sah sebagai hewan kurban. Namun dari tempat penyembelihan tersebut dipersyaratkan harus ada tempat untuk merebus jadi nanti untuk kepala ekor kaki dan jeroan harus direbus selama 30 menit,” ujar Evy.

“Kemudian kalau untuk yang gejala yang berat dalam hal ini terasanya itu sudah lepas atau hewan sudah tidak bisa berjalan lagi ini menurut fatwa MUI itu sebagai hewan yang jadi bukan tidak sah sebagai hewan kurban,” paparnya.

Baca Juga: 106 Delegasi 14 Negara Tiba di Kota Solo, Ini Rangkaian Agenda G20

Sedangkan untuk vaksin PMK, Evy menegaskan tidak menjadi syarat wajib bagi hewan ternak bisa menjadi hewan kurban

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X