Amankan Event TIIWG G20, 796 Personel Gabungan Diterjunkan

- Senin, 4 Juli 2022 | 19:57 WIB
Wawali Teguh Prakosa dan Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat mengecek personel pengamanan dalam apel pasukan di halaman Benteng Vastenburg, Senin 4 Juli 2022. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)
Wawali Teguh Prakosa dan Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat mengecek personel pengamanan dalam apel pasukan di halaman Benteng Vastenburg, Senin 4 Juli 2022. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Sebanyak 796 personel gabungan TNI, Polri dan instansi samping diterjunkan untuk memastikan keamanan event internasional Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G20 yang akan digelar di Kota Solo 5-7 Juli 2022. 

Kapolresta Solo Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak mengatakan, sebanyak 796 personel diterjunkan selama pelaksanaan G20 pada 5-7 Juli 2022. Personel ini merupakan tim gabungan terdiri dari Polresta Solo, Korem 074/Warastratama, Kodim 0735/Surakarta, Grup 2 Kopassus, Kostrad dan BKO Batalyon C Sat Brimob Polda Jawa Tengah.

"Para personel gabungan ini akan kita sebar di lokasi venue pelaksanaan TIIWG G20 di Solo," katanya usai apel pasukan di halaman parkir Benteng Vastenburg, Pasarkliwon, Senin 4 Juli 2022. 

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus, Vaksinasi Booster Jadi Syarat Kegiatan Massa dan Perjalanan

Adapun venue yang akan digunakan, lanjutnya, adalah di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Hotel Alila, Loji Gandrung, Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo dan rute Solo Batik Carnival (SBC) yakni mulai dari Stadion Sriwedari hingga Balai Kota Solo. 

“Kami juga melakukan koordinasi lintas sektoral dengan Polres jajaran Soloraya. Dan untuk memberikan jaminan keamanan kami mendirikan sejumlah posko pengamanan di venue yang menjadi lokasi acara,” ujar Ade. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan sebanyak 106 delegasi dari 14 negara anggota G20 akan berada di kota bengawan selama gelaran TIIWG G20 dan menginap di sejumlah hotel. Dan diharapkan even ini bisa berdampak positif bagi perekonomian kota bengawan.

"Untuk acara G20 di Solo akan dimulai pada pada 5-7 Juli 2022. Kegiatan budaya dan kerajinan di Solo sudah kita siapkan untuk memberikan hiburan terbaik," kata Teguh.***



Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X