77 PKL Benteng Vastenburg Ditertibkan, Bakal Tempati Shelter Pemkot Solo

- Senin, 4 Juli 2022 | 20:17 WIB
PKL di kawasan Benteng Vastenburg ditertibkan dan dipindahkan ke shelter milik Pemkot Solo. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
PKL di kawasan Benteng Vastenburg ditertibkan dan dipindahkan ke shelter milik Pemkot Solo. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Sebanyak 77 pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di kawasan Benteng Vastenburg, Pasarkliwon bakal dipindah ke sejumlah shelter milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Menyusul penertiban yang dilakukan di kawasan tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan mengatakan, penataan akan dilakukan Juli ini. Hal tersebut dilakukan lantaran keberadaan PKL di kawasan Benteng Vastenburg membuat kawasan cagar budaya tersebut tampak kumuh. Karena keberadaan gerobak dan lapak yang tidak dibawa pulang oleh pedagang. 

“Soal sterilisasi kawasan Benteng Vastenburg dari keberadaan PKL sudah kami komunikasikan dengan para pedagang. Dan sudah disepakati untuk pindah dan mengikuti penataan yang dilakukan Pemkot Solo,” ujarnya. 

Baca Juga: Amankan Event TIIWG G20, 796 Personel Gabungan Diterjunkan

Adapun lokasi baru bagi PKL di kawasan Benteng Vastenburg, Arif mengatakan ada yang masuk ke shelter di Jalan Mayor Kusmanto atau di depan Pusat Grosir Solo (PGS), ada yang dishelter lainnya tergantung jenis dagangannya. 

"PKL di kawasan benteng ini ada beragam. Ada yang jual kuliner seperti angkringan, cilok, dan sebagainya. Ada juga penjual bensin ecer dan pedagang pakaian. Nah yang mau masuk shelter ya diarahkan ke shelter yang siap pakai," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa mengatakan, pada pinsipnya Pemkot Solo tidak membatasi warga dalam mencari nafkah. Namun prakteknya harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kawasan itu (Benteng Vastenburg) memang harus steril, makanya penataan pedagangnya diarahkan ke lokasi lain yang lebih sesuai," kata Wawali.***

 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X