Dari Apem Hingga Setup Makaroni, Ini Deretan Menu yang Akan Disajikan di Welcome Dinner TIIWG G20

- Selasa, 5 Juli 2022 | 14:25 WIB
Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusumo (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusumo (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Keraton Kasunanan Surakarta akan menjadi venue pertama rangkaian forum  Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty (G20). Yakni pelaksanaan welcome dinner yang akan digelar di Sasana Handrawina, Selasa 5 Juli 2022 petang.

Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Mulai dari tempat, hiburan hingga menu makanan yang akan disajikan kepada 104 delegasi dari 14 negara peserta G20. 

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusumo mengatakan menu yang disajikan untuk welcome dinner semuanya merupakan hidangan tradisional yang biasa disajikan di lingkungan keraton. Sehingga setiap sajian tersebut memiliki filosofi maupun kisah dibaliknya.

Baca Juga: Draft Jadwal Liga 1 Musim 2022 2023, Persis Solo vs Dewa United Senin 25 Juli 2022

“Jadi jamuan makan malam ada di Sasana Handrawina kompleks Keraton Kasunanan Surakarta. Saat para tamu masuk melalui Kori Kamandungan nanti akan langsung diarahkan ke pelataran Sri Manganti, dimana nanti langsung disambut welcome drink minuman tradisional beras kencur dan kunir asem,” ujar Gusti Dipo, sapaan akrabnya. 

Selain itu, akan disajikan pula canape atau cemilan tradisional berupa roti kecik, ketan biru dan apem.

“Ketiga makanan ini masing-masing punya makna sendiri-sendiri. Kalau roti kecik melambangkan pohon sawo kecik yang banyak terdapat di dalam keraton, kemudian untuk apem dan ketan biru merupakan sajian yang biasa ditemukan dalam sesajen setiap prosesi di keraton,” ucapnya.

Baca Juga: Dukung Progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka, favehotel Solo Tandatangani MoU dengan UNSA

Kemudian untuk makanan pembuka akan dihidangkan setup makaroni dan bestik galantin serta nasi gunung sari lengkap dengan sate pentul dan dendeng age sebagai main coursenya. Sedangkan untuk penutup ada wedang ronde, prol kopyor dan coklat truffle.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X