Soal Video Viral Difabel Ditolak Naik KRL, PT KCI: Kami Minta Maaf, Ini Jadi Pelajaran Tingkatkan Pelayanan

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:40 WIB
Pertemuan antara PT KCI dengan TAD Kota Solo. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Pertemuan antara PT KCI dengan TAD Kota Solo. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Terkait video viral penyandang disabilitas yang ditolak naik Kereta Rel Listrik (KRL) karena menggunakan alat bantu berupa sepeda roda tiga beberapa waktu lalu, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyampaikan permohonan maaf.

Senior Manager Area 6 Yogyakarta PT KCI Adli Hakim Nasution mengatakan, peristiwa tersebut menjadi pembelajaran bagi pihaknya sebagai bahan evaluasi pelayanan petugas kepada penumpang, khususnya penyandang disabilitas

"Pertama-tama kami kepada para disabilitas atau peristiwa yang sempat viral kemarin tentu bila ada kekurangan, ketidaksempurnaan dari kami, kami sampaikan permohonan maafnya," ujarnya usai pertemuan dengan Tim Advokasi Difabel (TAD) Kota Solo di  Gedung Sekretariat Bersama, Jebres, Selasa 2 Agustus 2022. 

Baca Juga: 17 Atlet dan Official dari Negara Kontingen APG XI 2022 Terkonfirmasi Positif Covid-19, Beberapa Sudah Sembuh

Adli mengatakan, pihaknya akan terus melakukan peningkatan soft skill dan pemahaman petugas di lapangan. Sehingga bisa lebih sensitif dalam melayani pengguna KRL dengan disabilitas.

“Tentunya nanti akan ada pelatihan-pelatihan lagi untuk lebih meningkatkan sensitivitas petugas. Kalau pembinaan yang sifatnya umum sudah rutin kami lakukan setiap bulan. Termasuk peningkatan pemahaman soal SOP, isu-isu atau perubahan pelayanan," terang Adli.

“Sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa mendatang,” imbuhnya.

Di sisi lain, Adli mengatakan, saat ini pihaknya juga terus melakukan perbaikan infrastruktur, khususnya di Stasiun Solo Balapan agar KRL Solo-Jogja lebih ramah difabel. Diantaranya meninggikan peron stasiun sehingga memudahkan akses penyandang disabilitas ketika akan naik kereta.

Baca Juga: Ingin Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Tahun Ini di Istana Negara? Begini Caranya

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X