Kebakaran di RSJD dr Arif Zainudin Solo, Kapolresta Solo: Kami Sudah Periksa 5 Orang Saksi

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:11 WIB
Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak usai mengecek ruang Puntadewa RSJD dr Arif Zainudin yang terbakar dan menewaskan dua orang pasien, Jumat 5 Agustus 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak usai mengecek ruang Puntadewa RSJD dr Arif Zainudin yang terbakar dan menewaskan dua orang pasien, Jumat 5 Agustus 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Kapolresta Solo Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya sementara ini telah memeriksa lima orang sebagai saksi terkait insiden kebakaran di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zainudin Solo yang menewaskan dua orang pasien

“Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang dalam kapasitas saksi. Tiga orang yang merupakan petugas jaga saat kebakaran terjadi pukul 03.42 WIB, satu orang sekuriti dan satu petugas jaga dari bangsal yang lain,” ujarnya.

Pemeriksaan tersebut, lanjutnya dilakukan untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian dalam standar operasional prosedur (SOP) tugas jaga saat terjadi kebakaran sehingga mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan tiga orang lainnya mengalami luka bakar.

Baca Juga: APG XI 2022: Thailand Raih Dua Medali Emas dari Cabor Goalball

“Akan kita dalami keterangan para saksi dan kita ikuti perkembangan penyelidikan dan penyidikan dimana kami menurunkan tim penyidik dari Satreskrim Polresta Solo,” kata Kapolresta. 

Terkait penyebab kebakaran, pihaknya masih menunggu hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah (Jateng) yang sudah datang ke lokasi kebakaran untuk mendalami penyebab kebakaran

“Kita tunggu sama-sama baik dari tim Labfor Polda Jateng yang akan mendalami penyebab kebakaran yang terjadi, sedangkan tim Satreskrim Polresta Solo yang akan mendalami apakah ada unsur kelalaian dalam pelaksanaan SOP sehingga menyebabkan meninggal dunia,” tandas Ade. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Dipastikan Hadiri Closing Ceremony APG XI 2022, Penonton Diharapkan Ikuti Aturan

Terkait posisi dua pasien yang meninggal dunia dalam kebakaran tersebut, Ade mengatakan keduanya diketahui berada di dalam ruang isolasi yang memang terkunci sebagai pengamanan pasien yang mengalami gangguan jiwa. Apalagi ruang Puntadewa memang ditujukan untuk pasien akut laki-laki.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X