Diawali Kirab Prajurit, Kominfo Luncurkan Perangko Seri Khusus APG XI 2022 dan Prajurit Keraton Solo

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:26 WIB
Peluncuran dua seri perangko oleh Kominfo di Balai Kota Solo, Jumat 5 Agustus 2022. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)
Peluncuran dua seri perangko oleh Kominfo di Balai Kota Solo, Jumat 5 Agustus 2022. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Kirab Prajurit dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Balai Kota Solo mengawali acara peluncuran perangko seri khusus Asean Para Games (APG) XI 2022 dan seri Prajurit Keraton Solo yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat 5 Agustus 2022.  

Acara peluncuran dua seri perangko tersebut ditandai dengan penandatanganan sampul hari pertama perangko seri prajurit keraton Solo dan sampul peringatan APG 2022 oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa. 

Kemudian diteruskan dengan penyerahan secara simbolis kepada Wawali oleh Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail.

Baca Juga: Merupakan Bahasa yang Universal, Dasar Gerakan Indonesia Serasi Berkampanye Lewat Musik

Dalam sambutannya, Ismail mengatakan dua seri perangko ini hanya sekali dicetak, karena itu ia menyebutkan tidak mungkin terulang lagi jika sudah habis terjual. Adapun jumlah yang dicetak sebanyak 30.000 keping untuk perangko seri khusus APG 2022 dan untuk seri Prajurit Keraton Solo sebanyak 450.000 keping. Dengan nilai masing-masing perangko Rp5.000. 

“Bagi kami perangko merupakan media yang sederhana. Kalau dilihat dari harganya tak seberapa namun perangko ini memiliki makna dan fungsi luar biasa. Karena perangko mampu merekam sebuah aktivitas kehidupan dan sejarah yang penting di dalam perjalanan suatu negara,” kata dia.

Ia mengatakan, salah satu alasan menerbitkan seri khusus APG XI 2022, karena menurutnya pelaksanaan event olahraga paralympic tingkat Asia Tenggara di Kota Solo tersebut termasuk sesuatu yang istimewa. Mengingat bisa dilaksanakan dalam waktu persiapan yang mepet dan anggaran yang terbatas. 

Baca Juga: Kebagian Undangan Closing Ceremony APG XI 2022? Cek Kantong Parkir Gratis yang Disediakan Pemkot

“Seri khusus APG yang luar biasa. APG  dengan persiapan singkat namun pelaksanaannya luar biasa menggema secara internasional. Kami atas nama pemerintah ucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Solo,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X