Kebakaran di Ruang Perawatan Tewaskan 2 Pasien, Dirut RSJD dr Arif Zainudin: APAR Sudah Mencukupi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:24 WIB
Ruang Puntadewa RSJD Arif Zainudin Solo yang sempat dilanda kebakaran dan menewaskan dua orang pasien. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Ruang Puntadewa RSJD Arif Zainudin Solo yang sempat dilanda kebakaran dan menewaskan dua orang pasien. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Direktur Umum (Dirut) Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zainudin, Tri Kuncoro mengatakan keberadaan alat pemadam api ringan (APAR) di ruang Puntadewa yang terbakar pada Jumat 5 Agustus 2022 2022 dini hari sudah mencukupi. 

“Dalam hal ini APAR yang kita sediakan sudah sesuai standar. Dan sudah kita siapkan di mana-mana dan jumlahnya mencukupi, termasuk di Ruang Puntadewa. Tapi ternyata belum bisa mengatasi api yang muncul,” ujarnya.

Meski keberadaan APAR di RSJD dr Arif Zainudin sudah memenuhi standar, namun ia mengakui jika di ruangan yang terbakar memang belum dilengkapi dengan sprinkler atau penyiram air otomatis. 

Baca Juga: Harga Tiket Pulau Komodo Diprotes Karena Terlalu Mahal, Sandiaga: Kita Cari Jalan Tengahnya

“Untuk sprinkler memang belum ada, karenanya itu yang akan kita perbaiki,” ucapnya.

Tri menambahkan, meski saat itu peralatan APAR sudah siap, namun cepatnya api yang membesar dan besaran kobarannya membuat petugas kewalahan hingga akhirnya api bisa dipadamkan setelah petugas Pemadam Kebakaran yang dihubungi datang ke lokasi. 

“Kejadiannya memang begitu cepat, api membesar sehingga kita cukup kewalahan sampai pemadam kebakaran hadir di sini,” kata dia.

Baca Juga: Hadiri Closing Ceremony APG XI 2022, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Tiba di Kota Solo

Karena itu, pihaknya juga akan melakukan evaluasi secepatnya terhadap peristiwa kebakaran yang menewaskan dua orang pasien yang berada di ruang isolasi itu. Khususnya dalam hal proteksi terhadap potensi kebakaran.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Rabu 17 Agustus

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
X