Bendera Merah Putih Gagal Berkibar Karena Kait Rusak, Gibran: Nggak Papa, Upacara Tetap Berjalan Baik

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:05 WIB
Bendera Merah Putih terpaksa hanya dibentangkan selama Indonesia Raya berkumandang lantaran pengait tali lepas sehingga tidak bisa dikerek. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)
Bendera Merah Putih terpaksa hanya dibentangkan selama Indonesia Raya berkumandang lantaran pengait tali lepas sehingga tidak bisa dikerek. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)

LAWEYAN,AYOSOLO.ID– Insiden mewarnai bendera">upacara bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di Stadion Sriwedari, Rabu 17 Agustus 2022. Dimana pengait bendera merah putih rusak dan terlepas, sehingga tak bisa dikibarkan. 

Upacara bendera sendiri dimulai pukul sekitar pukul 07.00 WIB. Sebelum upacara dimulai peserta upacara dihibur dengan tarian. Baru kemudian bendera">upacara bendera dimulai. Semuanya berjalan dengan baik termasuk saat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) mulai memasuki lapangan untuk mengibarkan bendera merah putih. 

Namun saat bendera merah putih dibentangkan setelah ujung tali dipasang pada pengait, tetiba pengait lepas dan tali yang terikat pada pengait tertarik ke atas tiang. Walhasil bendera pun tak bisa dikerek ke atas.

Baca Juga: Nonton Film Habis Upacara Bendera Mumpung Tanggal Merah? Ini Jadwal Bioskop Kota Solo Rabu 17 Agustus 2022

Sehingga selama berkumandang lagu “Indonesia Raya” petugas Paskibra yang sedianya mengerek bendera merah putih menjadi memegang bendera tersebut dan membentangkannya selama lagu dinyanyikan. Sedangkan sisanya upacara berlangsung sebagaimana biasanya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka usai pelaksanaan bendera">upacara bendera pun langsung menemui pasukan Paskibra yang bertugas untuk memberikan semangat termasuk menghibur pengerek bendera maupun Paskibra yang menangis lantaran adanya insiden yang mewarnai tugas mereka. 

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menenangkan petugas pengibar bendera pasca insiden rusaknya pengait dan lepasnya tali pengerek. (ayosolo.id/dok. Prokopim Pemkot Solo)

“Sudah tidak apa-apa. Istirahat dulu, wis nggak papa,” ucap Gibran sambil menenangkan para petugas Paskibra.

Kepada awak media, Gibran mengatakan tak mempermasalahkan insiden yang terjadi. Menurutnya hal tersebut merupakan sebuah kecelakaan yang memang tidak bisa diprediksi sebelumnya. 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Kamis 6 Oktober 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 10:00 WIB
X