Bertemu DMFI, Gibran Tegaskan Komitmen Pelarangan Perdagangan Daging Anjing

- Rabu, 21 September 2022 | 14:14 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai bertemu dengan perwakilan DMFI di Balai Kota Solo, Rabu 21 September 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai bertemu dengan perwakilan DMFI di Balai Kota Solo, Rabu 21 September 2022. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menegaskan komitmennya untuk membuat aturan terkait pelarangan perdagangan daging anjing di kota bengawan. 

Hal tersebut diutarakannya usai bertemu dengan perwakilan Dog Meat Free Indonesia (DMFI) di ruang kerjanya di Balai Kota Solo, Rabu 9 September 2022. 

“Tadi sudah dipaparkan DMFI bahwa konsumsi daging anjing di Kota Solo itu tinggi sekali dan ini yang harus kita tangani karena kita tahu sebenarnya daging anjing ini sebenarnya tidak bisa dikonsumsi,” ujarnya.  

Baca Juga: Demi Disabilitas dan Lansia, Petugas PT Pos Antarkan BLT BBM Langsung ke Rumah

“Belum lagi bicara masalah-masalah penyakit-penyakit seperti rabies dan lainnya. Jadi ini harus segera kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Ia memaparkan sementara ini akan membuat aturan dalam bentuk Surat Edaran (SE). Hanya saja saat ditanya kapan akan disusun maupun dikeluarkan, Gibran enggan merinci waktunya secara detail.

“Intinya untuk mengeluarkan aturan itu tidak ada kendala, kan tinggal mengeluarkan SE saja. Tapi ketika mengeluarkan SE itu harus ada implementasinya yang baik di lapangan. Karena saya nggak ingin  kita melakukan pendekatan regulasi tapi di lapangan masih ada. Atau di lapangan malah sembunyi-sembunyi. Kita nggak pengen seperti itu,” ucapnya.

Baca Juga: Dua Pemain Kunci Kembali, Persis Solo Optimistis Kalahkan PSM Makassar di Pekan 11

Tak hanya mengeluarkan aturan pelarangan, Gibran juga menegaskan pihaknya akan memikirkan nasib para pedagang kuliner daging anjing yang harus merubah profesi. Karena itu ke depannya Pemkot Solo juga akan melakukan pendampingan terhadap mereka/ 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stok Darah PMI di Kota Solo Kamis 6 Oktober 2022

Kamis, 6 Oktober 2022 | 10:00 WIB
X