Babak Baru Tanah Sriwedari: MA Kabulkan Kasasi Pembatalan Eksekusi yang Diajukan Gibran

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:45 WIB
Gedung Graha Wisata salah satu aset yang dimiliki Pemkot Solo yang berdiri di atas lahan Sriwedari. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Gedung Graha Wisata salah satu aset yang dimiliki Pemkot Solo yang berdiri di atas lahan Sriwedari. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Perjuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk mempertahankan tanah Sriwedari akhirnya mulai menemui titik terang setelah Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi yang diajukan Pemkot dalam hal ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk membatalkan perintah eksekusi lahan eks Bon Rojo tersebut.

Sebagaimana tertuang dalam Putusan MA RI Nomor 2085 K/Pdt/2022 terkait Sengketa Tanah Sriwedari. Dimana Gibran sebagai Pemohon Kasasi melawan 11 orang ahli waris RMT Wirjodiningrat berhasil memenangkan gugatan untuk membatalkan sita eksekusi lahan Sriwedari sebagaimana Putusan Pengadilan Tinggi Semarang Nomor 468/PDT/2021/PT Semarang tanggal 8 Desember 2021 juncto Putusan Pengadilan Negeri Surakarta Nomor 247/Pdt.G/2020/PN Skt, tanggal 9 Juni 2021.

Selain itu, objek sengketa empat bidang tanah Hak Pakai (HP) 26, HP 46, HP 40, dan HP 41 yang telah diterbitkan sertifikat tetap milik pelawan atau Pemkot Solo. Selain itu, MA juga mengatakan tidak sah Penetapan eksekusi Nomor 10/PEN.PDT/EKS/2015/PN Skt, tanggal 26 September 2018.

Baca Juga: KUALIFIKASI PIALA ASIA U-17: Bima Sakti Ungkap Keberhasilan Timnas U-17 Kalahkan Uni Emirat Arab 3-2

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani saat dikonfirmasi mengenai keputusan MA tersebut enggan berkomentar banyak. Pasalnya sampai saat ini Pemkot Solo masih menunggu salinan keputusan tersebut. 

“Iya memang ada putusan MA. Keputusan sidang sudah tanggal 15 Agustus 2022 lalu tapi sampai sekarang dokumen salinan keputusan belum kami terima. Makanya kami tunggu dulu salinan putusannya,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai langkah selanjutnya yang akan diambil Pemkot Solo, Ahyani mengatakan juga belum bisa memberikan keterangan. Namun ia menegaskan sejak dulu pihaknya memang sudah konsisten mempertahankan tanah Sriwedari.

Baca Juga: Terapkan BI-Fast, bank bjb Jadi Bank Sponsor untuk Bank Jambi dan Bank Jambi Syariah

“Yang itu (kasasi) kan juga sebagai bagian dari upaya menyelamatkan tanah Sriwedari, bagian dari prosesnya. Kalau selama ini kita selalu mengupayakan tetap memiliki tanah Sriwedari,” ujarnya.*** 

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Jumat 2 Desember 2022

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:20 WIB
X