Bersikeras Bertahan di TSTJ, Pedagang Emoh Dipindah ke Shelter Manahan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 19:57 WIB
Shelter Manahan yang pembangunanya tengah dikebut menjadi salah satu opsi alternatif tempat berjualan yang ditawarkan Pemkot Solo untuk pedagang TSTJ. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)
Shelter Manahan yang pembangunanya tengah dikebut menjadi salah satu opsi alternatif tempat berjualan yang ditawarkan Pemkot Solo untuk pedagang TSTJ. (ayosolo.id/Wijayanti Putrisejati)

JEBRES,AYOSOLO.ID– Pedagang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) kembali menolak tawaran yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait lokasi relokasi mereka di Shelter Manahan.

Sebagaimana diketahui, setelah lokasi relokasi di sejumlah pasar tradisional ditolak pedagang, Pemkot Solo menawarkan Shelter Manahan sebagai lokasi alternatif untuk pedagang TSTJ berjualan setelah direlokasi. Mengingat pasca revitalisasi selesai mereka tak diperbolehkan kembali jualan di kebun binatang tersebut. 

“Pertama karena faktor jarak. Karena mayoritas pedagang TSTJ itu rumahnya di Jebres, kalau nanti jualan di Shelter Manahan pastinya akan lebih jauh dari lokasi jualan semula di TSTJ,” ujar Perwakilan Paguyuban Bakul Taman Jurug, Sarjuni (67).

Baca Juga: Fraksi DPRD Kota Solo Bakal Usulkan APBD Tahun 2023 Tutup Pembangunan Masjid Sriwedari

Selain itu, lanjutnya, mereka juga merasa lebih aman berjualan di TSTJ seperti semula dibandingkan di Shelter Manahan. Apalagi selama ini mereka juga tidak berjualan setiap hari melainkan hanya di saat-saat kebun binatang milik Pemkot Solo itu ramai dikunjungi saja. Seperti saat akhir pekan atau saat musim liburan. 

“Ada pedagang yang memilih enggak jualan setiap hari karena tidak sebanding dengan pengunjung. Kalau ramai tetap keluar semua pokoknya hari Sabtu dan Minggu ramai. Ya seperti tempat wisata pada umumnya,” paparnya.

Di sisi lain, pedagang juga tetap menginginkan bisa berjualan di TSTJ pasca revitalisasi. Mereka percaya pasti ada tempat untuk pedagang di kawasan tersebut nantinya sebagaimana tempat wisata lainnya. 

Baca Juga: Pendaftaran CPNS Tahun 2022 Segera Dibuka, Cek Syarat dan Cara Pendaftarannya

“Jangan sampai mindsetnya kami berjuang lama di situ malah nantinya terisi orang luar yang notabene malah gak kenal karena kami mau pindah,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Jumat 2 Desember 2022

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:20 WIB
X