Pukau Masyarakat, Grand Carnival SBC XIII bersama Kotamaya Sukses Digelar

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 23:44 WIB
Grand Carnival SBC XIII bersama Kotamaya digelar dengan sukses. (ayosolo.id/dok. SBC)
Grand Carnival SBC XIII bersama Kotamaya digelar dengan sukses. (ayosolo.id/dok. SBC)

PASARKLIWON,AYOSOLO.ID– Gelaran grand carnival Solo Batik Carnival (SBC) XIII bersama Kotamaya sukses dihelat pada Minggu, 2 Oktober 2022. Salah satu bukti kesuksesan tersebut salah satunya terlihat dari antusiasme masyarakat yang memadati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman untuk menyaksikan kegiatan yang tahun ini digelar bertepatan dengan Hari Batik Nasional dan Solo Car Free Day (CFD).

Mengusung tema Metaverse The Preciouse Legacy, grand carnival SBC dimulai pada pukul 06.00 WIB. Diawali dengan penampilan guest star, Mirai Naziel salah satu peserta Indonesia Idol Junior Top 8 tahun 2018 yang menyanyikan lagu Indonesia Jaya dan diiringi oleh Penari dari SMA Batik 1 Surakarta.

Acara dilanjutkan pembukaan yang dipandu oleh Master Of Ceremony (MC) dimana para hadirin turut menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh Mirai Naziel.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus, Leo dan Capricorn untuk Jumat 7 Oktober 2022: Kendalikan Diri

Setelah itu, disambung dengan sejumlah sambutan dari para tokoh SBC. Dimana selama sambutan berlangsung mereka didampingi Putra-Putri Jawa Tengah. Sambutan yang pertama disampaikan Lia Imelda selaku Ketua Yayasan SBC, dilanjutkan sambutan yang terakhir oleh perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Is Purwaningsih.

Seusai sambutan, dilakukan pemotongan tali dadung sebagai simbolis dibukanya acara Grand Carnival SBC XIII. Setelah tali ditarik layar LED yang menjadi background panggung pun terbuka dan munculah tiga prototype yang menggambarkan tiga defile di SBC XIII. Yaitu, Defile Royal Kingdom, Defile Herritage Heredity, dan Defile Empire Intergalatic.

Masyarakat antusias mengabadikan moment Grand Carnival SBC XIII bersama Kotamaya. (ayosolo.id/dok. SBC)

Baru setelah itu satu per satu peserta SBC pun dipanggil untuk menunjukkan atraksi masing-masing secara singkat di atas panggung untuk selanjutnya mengikuti carnival dengan rute Jalan Jenderal Sudirman menuju Gladak dan kembali ke Balai Kota. 

Carnival sendiri dimulai dari Defile Kids kemudian disusul Royal Kingdom, Herritage Heredity dan Empire Intergalatic. Setelah usai pemanggilan semua Defile, dilanjutkan penampilan flashmob dari peserta dan catwalk di sepanjang Jalan Jendral Sudirman yang ditayangkan secara virtual melalui aplikasi Kotamaya

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Jumat 2 Desember 2022

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:20 WIB
X